Sabtu, 03 November 2012

optimalisasi halaman belakang untuk lebah madu

Beberapa referensi yang kami baca, banyak berbagai tanaman keras dan tanaman bunga sangat disukai oleh lebah madu. Dari beberapa jenis merupakan sumber nectar dan yang lain sebagai sumber pollen. Di wilayah utara jawa timur, yang merupakan wilayah pantai terbentang luas kebun siwalan, kelapa dan beberapa varian tanaman buah yang merupakan sumber nektar yang sangat bagus untuk lebah madu. Ironisnya, masih belum ada ide kreatif untuk mengoptimalkan lahan tersebut untuk budidaya lebah madu.
Sementara untuk daerah lain, juga banyak mempunyai berbagai jenis pertanian dan perkebunan. Didaerah yang bersuhu udara relatif panas, biasanya banyak ditanami padi, sayuran, kacang dan kedelai, dan beberapa varian tanaman buah yang cocok. Pada daerah yang lebih dingin (pegunungan) varian komoditas pertanian dan perkebunan juga sangat beragam. Kondisi iklim tropis yang tidak mengenal masa hibernasi (sebagaimana daerah beriklim sub tropis hibernasi terjadi pada musim dingin), seharusnya tidak ada masa-masa paceklik bagi para pelebah madu. Manajemen kebun untuk berbagai jenis tanaman dapat menjadi sumber nektar dan pollen yang berkesinambungan.
Model optimalisasi lahan disamping lebah madu juga bisa untuk komoditas lain. Sebagai contoh, pohon kaliandra, yang merupakan tanaman pagar sangat disukai lebah sebagai sumber nectar, disamping daunnya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak kita. Artinya bahwa disamping untuk budidaya lebah juga bisa pula dioptimalkan untuk budidaya hewan ternak.  Beberapa negara telah memanfaatkan lebah madu pada budidaya tanaman pangan dan industri. Lebah dijadikan polinator (pembantu penyerbukan) yang dapat dikendalikan sehingga dengan demikian hasil budidaya tanaman pangan maupun industri menjadi semakin meningkat. Beberapa varian tanaman hias juga merupakan sumber nectar dan sumber pollen yang sangat baik. Disain kreatif halaman untuk budidaya lebah madu disamping dapat menghasilkan madu yang mempunyai nilai ekonomis tinggi juga dapat lebih mempercantik halaman rumah kita. 
Disain kotak lebah trigona, maupun stup untuk lebah cerana/melifera diperlukan untuk dapat menambah daya artistik saat di tempatkan pada halaman rumah atau dilingkungan rumah. Adanya disain landscaping dan taman rumah dapat dilengkapi dengan koloni lebah, atau untuk lebih aman bisa menggunakan trigona sebagai alternatif lebah tak bersengat yang aman untuk anak di sekitar kita. Kebaradaan koloni trigona atau lebah, bisa mendatangkan madu untuk konsumsi rumah tangga, atau bisa menjadi hobi yang eksotik dengan mengupayakan berbagai varian trigona dengan aneka warna dan perilakunya.
Kendala yang dihadapi di lingkungan kita adalah :
1. kreativitas untuk mendesain taman bunga dan kebun untuk lebah belum menjadi budaya.
2. ketidaktahuan akan fungsi dan peran lebah serta manfaatnya.
3. ketidaktahuan akan budidaya lebah madu skala kecil (1-5 koloni).
4. belum adanya pihak lain yang berperan sebagai transfer pengetahuan dan teknologi budidaya lebah madu ke masyarakat secara ekonomis (murah).
5. kesulitan dalam mencari sumber (bibit) lebah madu untuk dibudidayakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar