Minggu, 04 November 2012

BERAPA BANYAK KOLONI UNTUK MEMULAI BUDIDAYA LEBAH

Ketika memulai untuk budidaya lebah, pertanyaan umum adalah, "Berapa banyak sarang saya harus memulai?"

Jika saya memulai lebih dari satu sarang, akan hal itu membutuhkan banyak waktu?

Berapa banyak waktu yang Anda dedikasikan untuk peternakan lebah sepenuhnya terserah Anda. Lebah tidak banyak membutuhkan waktu untuk pemeliharaanya. Anda masih bisa melakukan apapun saat anda mempunyai aktivitas yang lain. Banyak pelebah melaksanakan pemeriksaan koloni setiap 2 minggu sekali, dengan masing-masing koloni/sarang sekitar 15 menit. Artinya pada saat Anda mempunya 40 Koloni, anda membutuhkan 20 jam per bulan yang Bisa anda jadwalkan dalam beberapa hari  (sabtu dan minggu). Seringkali budidaya lebah tidak sekedar sebagai pengisi waktu luang, akan tetapi sebagian besar dari mereka merupakan media menyalurkan hobi dan melepaskan kelelahan dan kejenuhan akibat aktivitas rutin mereka di suatu instansi/pekerjaan. Dalam hobi ada unsur kecintaan yang lebih sehingga memungkinkan mereka lebih banyak menghabiskan waktu di sarang, melihat, menarik frame keluar dan menunjukkan teman-teman dan relasi, dan sebagainya.


Dengan beberapa sarang, akankah lebah bingung untuk mengenal mana sarang mereka?Apakah sarang (koloni) akan saling memerangi satu sama lain?

Lebah mengenal diri mereka sendiri cukup baik. Setiap sarang memiliki bau unik, untuk lebah, bukan untuk kita. Mereka tidak akan mengganggu sarang lain. Pada beberapa referensi, pada jarak sekitar 6-8 inci antar sarang pada hari-hari berangin, mereka tidak terbawa ke dalam kotak yang salah.

Akankah mereka bertarung satu sama lain? Tidak, Mereka tetap pada kesibukan/kegiatan mereka sendiri. Pada musim dimana pasokan makanan berkurang, selama kelangkaan nektar, sarang yang sangat kuat mungkin mencoba untuk merampok sarang sangat lemah. Namun melalui pengelolaan yang baik ini tidak akan menjadi masalah. Manajemen yang tepat berarti menjaga sarang lebah yang sama dan menghindari menarik ke sarang lain dengan penanganan.


Bisakah terlalu banyak sarang di satu area menguras sumber nektar yang tersedia?
Saya pernah mendengar orang berpendapat bahwa terlalu banyak sarang di satu area dapat menyebabkan deplesi di nektar di daerah itu sehingga hanya sarang kuat melakukannya dengan baik.

Kebanyakan dari kita tinggal di daerah dimana ada banyak sumber-sumber nektar. Lebah sangat tajam ketika datang untuk mencari nektar. Sama seperti kita tajam dalam menemukan makanan ketika kita lapar. Anda tahu di mana beberapa warung yang baik. Lebah lebih baik daripada kita dalam menemukan makanan.
 


Hal ini sangat penting untuk diingat bahwa lebah terbang 2-3 mil untuk mengumpulkan nektar. Lebah tidak seperti hewan piaraan lain seperti anjing ataupun kucing, yang hanya akan berkeliarang di sekitar pekarangan. Jangkauan yang cukup luas untuk mencari makan juga tidak dibatasi pada siapa pemilik pohon dan nektar yang mereka datangi, bahkan mereka bermanfaat untuk membantu penyerbukan bagi tanaman yang mereka hinggapi.

Sekarang, katakanlah Anda tinggal di suatu daerah/area, Lebah Anda akan terbang 2 sampai 3 mil sekitar mencari nektar. Coba bayangkan, 2-3 mill setara dengan 3.2-4.8 km
, artinya sangat luar biasa luasan yang bisa cover lebah dalam mencari sumber makanan. Dalam 2 mil radious ada lebih dari 8.00 hektar. 3 radius mil mencakup lebih dari 12.00 hektar nektar yang bisa dipilih! Wow! Luasan yang sangat cukup untuk pasokan makanan lebah sejumlah 50 koloni.


Untuk melakukan praktik lebih baik untuk memulai dengan dua atau lebih koloni/sarang. Saya mulai dengan satu sarang dan mengabaikannya bahwa sarang akan gagal dan mati, dan karena aku hanya punya satu sarang, saya harus memastikan sarang saya aman dan dapat berkembang sesuai dengan harapan dalam 6 bulan ke depan.

Jika Anda hanya dapat mulai dengan satu sarang. Anda dapat mulai dengan satu dan melakukan sesuatu yang besar! Anda dapat menambahkan sarang lebih banyak dan lebih lagi seiring dengan berjalannya waktu. Dan, satu sarang Anda mungkin tidak akan pernah mati. Sebaliknya, mungkin anda akan mendapatkan banyak koloni dari sarang pertama Anda. Anda tidak akan pernah tahu. Tapi, peluang sukses Anda ditingkatkan oleh sarang yang Anda miliki.
 

Terima kasih untuk mampir dan menghabiskan waktu dengan saya hari ini, berbicara tentang peternakan lebah. Ini menyenangkan, bukan! Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan dan kritik, saya akan dengan senang hati mempertimbangkan dan menjadikannya pelajaran di masa depan! Bersama-sama kita semua belajar begitu banyak!

2 komentar:

  1. caranya gimana agar lebah bisa pada datang kesarang,???

    BalasHapus
  2. maaf apa punya info penjual koloni lebah trigona di jatim jateng? terima kasih

    BalasHapus