Senin, 19 November 2012

MEMANCING LEBAH CERANA



Konsepnya sederhana. Kalo mau cepat, kita cari koloni lebah liar, kita ambil kita masukkan ke dalam kotak penangkaran. Lebah  jangan dibiarkan keluar kotak, oleh karena itu perlu diberikan pakan yang cukup selama 3 hari, yaitu dengan memberikan sirup gula (1 ons dicampur dengan segelas air). Langkah-langkah detail telah ada beberapa posting di internet, anda bisa browsing sendiri. 

Yang akan sampekan adalah bagaimana memancing lebah cerana pada tempat penangkaran awal. Saya telah eksplorasi dibeberapa tempat di Madura. Kebanyakan masyarakat Madura di daerah Bangkalan membuat kotak sebagai calon sarang, kemudian digantung di tempat teduh dan tinggi seperti digantung di pohon, di teras belakang rumah, dll. Untuk menarik perhatian lebah, di daerah Sumenep kotak perangkap dil taburi nira aren atau air gula. Kotak bisa dibuat sendiri dengan menggunakan kayu keras seperti Glugu (batang pohon kelapa), kayu mahoni atau pun kayu lunak seperti sengon. Usahakan kayu yang dipakai adalah kayu yang benar-benar kering. Kotak perangkap sebaiknya ditempatkan di lokasi yang teduh dan terlindung sinar matahari langsung. Cara ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Bila beruntung belum sampe 1 bulan sudah ada koloni lebah yang datang dan bersarang. Akan tetapi kadang lebih dari 6 bulan, perangkap yang kita pasang belum membuahkan hasil.
Berdasarkan hasil pengamatan saya, koloni liar yang ada secara alamiah akan memecah menjadi beberapa koloni. Setiap koloni hasil pemecahan akan mencari tempat baru yang cocok untuk tempat sarang mereka (istilah asingnya swarm bee). Koloni liar akan menjadi beberapa koloni bila dalam sarang terbentuk ratu baru, dan ratu baru tersebut akan membuat kelompok/koloni baru pada tempat yang berbeda. Biasanya fenomena terjadi dan tampak adanya kerumunan lebah (swarm bee) pada tempat-tempat tertentu yang sebelumnya tidak ada. Nah, jebakan kotak lebah bertujuan untuk menarik swarm bee tersebut agar menempati kotak yang kita pasang. Koloni baru biasanya akan menempati tempat baru yang ada di sekitar lokasi koloni lama (jarak 10-100 m). Saya mencoba memancing dengan jarak yang berdekatan, akan tetapi mereka malah menempati tempat baru yang lebih jauh.
Pemecahan koloni terjadi saat jumlah populasi melimpah, biasanya ditunjukkan dengan banyaknya lebah yang berada di luar sarang, misalnya di pintu masuk sarang. Saat koloni melimpah, biasanya akan membentuk sel ratu baru di sarang, saat ratu telah jadi, biasanya ratu yang lama akan terusir dengan membawa sebagian pekerja dan mencari tempat baru. Nah ini adalah proses alamiahnya lebah madu dalam membuat koloni baru. Pemecahan koloni terjadi sekitar bulan juni-agustus, dimana pada bulan-bulan tersebut ketersediaan pakan melimpah dan populasi lebah juga meningkat.
Desain kotak pemancing, bisa dengan membuat kotak kecil ukuran panjang 40 x lebar 25 x tinggi 25 cm, atau menurut selera anda (tidak ada ukuran baku). Untuk memudahkan dalam mengembangkan pada tahapan berikutnya, model kotak lebah memanjang bisa diaplikasikan. Di bagian atas menggunakan pilar kayu setebah 1-1.5 cm, lebar 2.5-3 cm, dan panjang sesuai dengan lebar kotak. Tujuannya adalah agar sarang yang dibuat menggantung pada pada pilar sarang, sehingga saat mengelola ataupun menggandakan koloni bisa lebih mudah. 

Gambar diatas adalah contoh disain jebakan akan tetapi perlu di modifikasi.bentuk kotak balok, ukuran sesuai dengan yang dijelaskan diatas. kumudian digantung di atas pohon atau teras samping atau belakang rumah.

1 komentar: