Rabu, 14 November 2012

BAGAIMANA MENDAPATKAN KOLONI KLANCENG

Lebah klanceng atau trigona banyak terdapat di sekitar kita, biasanya bersarang di dinding bambu di masyarakat pedesaan. Ini merupkan trigona yang sangat kecil, yang biasa kita jumpai. Masyarakat seringkali tidak menyadari akan manfaat lebah ini, dan cenderung tidak mempedulikan keberadaan hewan ini. Padahal bila di telusuri, lebah ini mampu memberikan mandu dan propolis yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ketidakpedulian masyarakat dikarenakan rendahnya madu yang dapat diproduksi hewan ini, Biasanya, dalam sekali pengambilan madu klanceng lilar, hanya mendapatkan tidak lebih dari 1 gelas madu. Lebah ini sangat mudah dibudidayakan dan tidak berbahaya karena memang tidak punya sengat. Bayangkan bila kita mempunyai 50 koloni lebah klanceng jenis ini, paling tidak mampu memberikan hampir 50 gelas madu setiap  dan sekitar 5 kg propolis setiap kali panen madu (sekitar 2-3 bulan). Kalaupun belum bisa di komersialkan, hasil madu dapat dimanfaatkan sebagai tambahan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak. Klanceng jenis ini biasanya mencari makan di sekitar sarang. Oleh karena itu, dalam budidaya klanceng jenis ini perlu mengupayakan tanaman sumber makanan lebah di sekitar sarang. (radius tidak lebih dari 50 m)
Cara memuliabiakkan lebah ini sangat sederhana, berikut ini
Kandang/kotak lebah   : dari triples atau kayu sengon, bambu
Ukuran    : tinggi 10 cm, lebar 10 cm dan panjang 25 cm
Ambil koloni liar lebah klanceng yang ada di dinding bambu, pindahkan semua telur dan berikut pekerja dan  ratunya. Jadilah lebah klanceng yang telah ditangkarkan pada kotak yang direncanakan.
tujuan pembuatan kotak adalah untuk memudahkan dalam memanen madu, dan juga untuk tujuan pemecahan koloni.

Jenis lebah klanceng yang lain, yang tubuhnya lebih besar, berwarna hitam, besarnya sekitar 3-4 kali lebah klanceng diatas, sering disebut dengan trigona Carbonaria, masih bisa dijumpai di hutan-hutan di Jawa. Saya sudah mendapatkan koloni ini di hutan daerah Pekalongan, dan sudah saya tangkarkan. Produksi madu lebah ini tentunya jauh lebih besar dari klanceng yang hidup di dinding/bambu. Ukuran pot madu sebesar ibu jari orang dewasa, bentuk sarangnya bertipe spiral dan berada di tengah sarang. produktivitas madunya belum bisa diukur, tapi bila berdasarkan di internet, lebah mampu bisa lebih dari 2 gelas setiap kali panen (3 bulan).Saat ini koloni klanceng carbonaria pertamaku sudah 2 bulan, ntar lagi saya akan mencoba untuk memanen madu nya, dan memindahkan koloni ke kotak ukuran 25x25x7 cm +25x25x7 cm (dua tingkat).
Pemecahan koloni untuk jenis ini juga simple, cukup dengan memecah telur menjadi 2 bagian, dan ditempatkan pada kotak yang berbeda. Menurut penelitian, saat kita memecah koloni, untuk koloni yang tanpa ratu, lebah pekerja segera akan menjadikan telur yang ada menjadi calon ratu, sehingga mampu menjadi koloni yang terpisah. Jangkauan mencari makan lebah ini juga cukup jauh. Berdasarkan pengamatanku, setiap lebah yang pergi mencari sumber makanan, dia akan terbang tinggi kemudian menuju arah tertentu yang belum bisa saya identifikasikan sumber tujuannya. saya telah mencoba mencari di beberapa tumbuhan berbunga di arah perginya lebah, tapi masih belum menemukannya. Akan tetapi bila dilihat dari lalu lintas di pintu masuk kotak, menunjukkan keaktifan yang cukup baik. lebih 10 ekor lebah masuk sarang dalam 1 menit, artinya 360 dalam 1 jam, atau 3600 dalam sehari.
Jenis trigona lain, saya yakin masih bisa didapati di lingkungan kita, hanya saja, yang saya punyai baru kedua jenis klanceng ini. Untuk jenis yang lain masih dalam pencarian. Bila di lihat di daerah borneo (Kalimantan) masih ada jenis lain yang prospektif untuk dibudidayakan secara komersial (liat tulisan saya tentang penelitian trigona di UNMUL). Saat ini masih belum banyak orang yang menggeluti trigona, sehingga keragaman pemuliabiakan spesies trigona masih terbatas. Di Malaysia lebih berkembang lagi, dan mestinya kita tidak selayaknya ketinggalan di banding mereka. Di Indonesia, sejauh yang saya tahu, jenis trigona yang di tawarkan untuk dijualbelikan untuk ditangkarkan masih didominasi jenis yang pertama. Indikasinya adalah media sarang yang masih berupa bambu.
Bila ada telah membudidayakan jenis T. Carbonaria, atau jenis lain yang produktif, mohon di sharing informasinya, saya masih membutuhkan untuk menambah koleksi spesies trigonaku, untuk dikembangkan lagi untuk skala komersial.

58 komentar:

  1. tempat tinggal dimana mas? ada jual bibit klanceng ga?

    BalasHapus
  2. Saya punya lebah trigona, jenis itama, hitam kecil, carbonaria, apicalis, dlm bentuk log kayu asli & kotak kalau berminat hub. HP 081377367837

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Rahmat msh punya bibit itama?
      Lokasi dmn..

      Hapus
    2. Dimana alamat lengkap nya pak...?

      Hapus
    3. Dimana posisi skr pak rahmat? Brp harga per log lebah klanceng nya pak?

      Hapus
    4. Rahmat penipu kembalikan uang saya

      Hapus
  3. gan saya punya lebah klanceng 2 jnis,yg pertma bentukya besar,pas q ngambil di alm mdunya dpat 1btl mrjn kurang dkit,yg kduda jnisya sama cuman agak kecil dikit,ps kmren q panen dpt 1/2 botol marjn,lo klanceng kecil g q ternak terllu rumi.siap kerja sma bgi yg ingin budidya tawon klanceng,lo da yg minat ni no.ku 082132650922

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas riyanto di mana alamat lengkap nya...? Saya insya allah berminat..

      Hapus
    2. Mas caranya lebah klanceng bisa menghasilkan madu lebh banyak gimana mas carany

      Hapus
  4. riyanto: alamat dimana bos...

    BalasHapus
  5. baru tau klo ada lebah lain penghasil madu, selain lebah madu

    BalasHapus
  6. Mas bisa bagi ilmunya. Saya punya 2 kotk lebah madu. 3 kotak lebah klanceng. Tapi lebah klanceng madunya gak bisa banyak kayak lebah madu. Caranya biar lbih banyak madu klanceng bagaimana. Apa kotaknya kurang luas

    BalasHapus
  7. Saya mau mencoba tapi tidak tahu cara membuat sangkarnya.

    BalasHapus
  8. Dirumah saya ada lebah madu yg kecil n lebah klanceng warna hitam......tumbuh liar di dalam rumah...saya tidah tau cara memindahnya......mohon bantuannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil n pindahkan telur kedalam kotak. Catatan hati2 dgn semut

      Hapus
  9. Saya juga punya tapi di dalem kayu pinggiran jendela , ngambilnya gimana ya supaya gak ngrusak jendelanya juga ?

    BalasHapus
  10. Dengan semakin meningkatnya harga bibit lebah trigona
    Khususnya jenis H. Itama mulai Rp.850.000-1 juta/log
    Hal tersebut di sebabkan karna sering berpindah tangan dari agen ke agen
    Bahkan akibatnya banyak koloni yg gagal setelah sampai di tangan pembudidaya lebah trigona.
    Harga yg tepat adalah harga pemburu Rp.350.000/log itama
    Apabila melebihi harga tersebut artinya telah berpindah tangan dari agen ke agen
    Saya Lina siap mensupply log lebah trigona khususnya jenis H. Itama
    Dengan Harga pemburu lebah trigona Rp.350.000/log itama bukan harga agen yg selama ini mencapai 1 juta/log.
    Untuk info dan pemesanan dapat menghubungi saya melalui

    Email : lina_trigona@yahoo.com
    HP : 082166315877
    PIN : 5CB0E039

    Cacatan: Behati-hati belanja online apabila si penjual tidak menunjukan KTP atau identitas dan Nama Pemilik Rekening Bank tidak sesuai dgn nama penjual
    Di karenakan banyak penipuan yg merugikan orang lain.

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. saya jual bibit klanceng khusus riau harga 350.000/koloni

      Hapus
    3. Hey lina trigona si penipu ulung. Setan penipu. Sudahlah insaf jangan tipu uang orang lagi. Susah orang cari makan. Celakalah kau lina trigona penipu

      Hapus
    4. Terimakasih infonya,, ini sebagai masukan bg pemula sprt sy agr tdk mudah percaya dgn org yg blm dikenal!!

      Hapus
  11. Saya jual bibit klanceng jenis trigona laeviceps harga 300.000/koloni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya lebah h.itama yang asli, gan?
      Berapa harganya per kotak?

      Hapus
  12. artikelnya menarik,, klau berkenan mampir di blog ane tentantang lebah juga, tips dan trik budidaya lebah lokal dan klanceng www.lebah-lebahku.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Saya sudah mulai budidaya lebah trigona, dan baru 5 koloni.

    BalasHapus
  14. Sya jg pembudidaya lebah klanceng, sya dei kaltim jenis lebah yg sya pnya skrng ada 4 jenis, jenis hitam dari yg besar, sedang smpai yg kecil dan ada jg yg berwarna kuning dan hitam, bila agan mau shering email aja ke nurhadi_surahman@yahoo.com, tks

    BalasHapus
  15. Rahmat 081377367837 dan lina trigona 08216631587 adalah pasangan penipu . Jangan transaksi dengan dua setan ini uang anda pasti hilang . Mudah2an celaka dua penipu ini karena makan uang haram hasil nipu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari facebook aja. Bnyk kok yg jujur. Aku kmrn beli cm 150 /box tapi yg leviceps

      Hapus
    2. Nama Akun facebooknya yg jual siapa bang? Ane juga pengen ternak lebah

      Hapus
  16. Jangan bertransaksi dgn lina trigona atau rahmat trigona mereka adalah para penipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sdh kasi tau Penipu bangsat ini smg cpt dpt karma mkn uang haram!!

      Hapus
  17. Gan bisa gk order bibit lebah trigonanya ke luar jawa, karena di luar jawa belum ada khususnya palembang dan sekitarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa datang ke tempat saya di riau

      Hapus
    2. Bisa... aku kmrn order dari peternak di banten. Kirim ke tempat ku di belitung. Bs tuh naik pesawat. Ekspedisi nya JNT aja. Kalo JNE kayaknya sih pasti ribet....

      Beli nya cari aja di facebook. Banyak kok peternakan yg jujur.

      Hapus
  18. Ada yg cari bibit trigona, klanceng ato ke medan g. Saya mau jual. Saya saipul di lombok.

    BalasHapus
  19. Ada yg cari bibit trigona, klanceng ato keledan g. Saya saipul di lombok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas saipul mbe taok balen?
      Arak nomer, whatsapp fb ato sak lainan?

      Hapus
  20. Mas saipul lombok mbe?
    Ada kontak lain?
    Saya di lombok juga kebetulan nyari bibit keladen

    BalasHapus
  21. Butuh log lebah klanceng bisa hubungi saya utk riau dan sekitarnya hp 08127671805

    BalasHapus
  22. Klo mw ternak dtng aja ke karimun.prov kepri..dsni bnyk budidaya kelulut..

    BalasHapus
  23. Klo mw ternak dtng aja ke karimun.prov kepri..dsni bnyk budidaya kelulut..

    BalasHapus
  24. saya jual bibit trigona 200/ stup, stup rapih
    tempat di banten siap kirim,untuk pemesanan bisa lewat bbm D5744bcf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bibit trigona apa, gan?
      Laeviceps atau itama atau thoracica?

      Hapus
    2. Laeviceps gan,biar lebih mudah bisa add pin di atas

      Hapus
    3. banten mana mas...pingin main belajar

      Hapus
  25. Saya jual t.leaviceps 125000, beli diatas 4 harga nego, diutamakan tercover j&t atau herona utk kirim kirim, sekedar tanya tanya juga gak papa silahkan WA 089667758089, lokasi klaten

    BalasHapus
  26. Saya jual benih leaviceps dan itama 085216625426 lokasi di klaten

    BalasHapus
  27. Kalo ada yang minat madu trigona bisa hubungi saya di nomr hp/wa;082386341000
    Harga nego.
    Jual koloni trigona jg.

    BalasHapus
  28. saya menyediakan malan klanceng putih utk mendatangkan koloni lebah emas (klanceng). saya maharkan per botolnya 500rb. lengkap minyak + malan didalamnya. monggo lanjut ke WA 081703188668

    BalasHapus
  29. Saya jual silahkan WA di 085216625426

    BalasHapus
  30. Jual Bibit Lanceng mulai 100rb per kotak. Koloni lengkap ratu pekerja dst.
    Search Map Kroto Jogja, Patihan RT 02, Gadingsari, Sanden, Bantul, Jogjakarta
    0812 212 2422

    BalasHapus